psikologi komunikator
Psikologi Komunikator
Sumber.
Ketika komuikator berkomunikasi, yang berpengaruh bukan
apa yang dikatakan, tetapi siapa dia. He doesn’t communicate what he says, he
communicates what he is. Kadang – kadang “siapa” lebih penting dari “apa”.
Aristoteles menyebut karakter sebagai ethos yang terdiri
dari :
·
Pikiran yang baik (good sense)
·
Ahlak baik (goog moral character)
·
Maksud baik (good will).
Kemudian Hovland dan Weiss menyebut ethos terdiri dari :
1. Credibility yg terdiri dari :
· Expertise (keahlian) adalah kesan yang dibentuk individu tentang kemampuan komunikator dalam hal yang dibicarakan, berkaitan dengan kecerdasan, ahli dan berpengalaman.
·
Trustworthiness (dapat dipercaya); kesan
individu tentang komunikator berkaitan dengan watak. Apakah jujur, tulus,
bermoral sopan, etis ini yang disebut “good moral character” (Aristoteles) dalam :Rahmat )
2.
Daya tarik (attractiveness)
Atraksi fisik
menyebabkan komunikator menarik, karena ia memiliki daya persuasif.
Disamping
menarik, individu juga tertarik karena
adanya kesamaan oleh:
Everett. M.
Roger Hemophily,
Heterophily
.
Hemophily,
Komunikator dan
komunikan memiliki persamaan dalam status sosial ekonomi, pendidikan, sikap dan
kepercayaan.
Heterophily
Adanya perbedaan status
sosial ekonomi, pendidikan dan lain-lain.
“Semakin banyak
persamaan semakin efektif komunikasi”
3. Kekuasaan (Power)
Adalah pemaksaan kehendak pada orang lain. Ada lima jenis kekuasaan menurut Reven (1974) yaitu:
1. Kekuasaan koersif (coersive power).
Menunjukkan kemampuan komunikator untuk mendatangkan imbalan atau memberi hukuman pada komunikan
2. Kekuasaan keahlian (expert power).
Kekuatan ini berasal dari pengetahuan, pengalaman, keterampilan atau kemampuan yang dimiliki komunikator.
3. Kekuasaan Informasional (Infornational power).
Kekuasaan ini berasal dari isi komunikasi tertentu atau pengetahuan baru yang dimiliki komunikator.
4. Kekuasaan
Rujukan (referent power).
Disini komunikan menjadikan komunikator sebagai tauladan untuk menilai dirinya.
5. Kekuasaan
Legal (legitimate power).
Kekuasaan ini berasal dari
seperangkat peraturan atau norma yang menyebabkan komunikator berwenang untuk
melakukan suatu tindakan.
Comments
Post a Comment